PENGARUH FAKTOR SOSIAL DAN FAKTOR PRIBADI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAMERA DSLR CANON DI KOTA PEKANBARU

Henni Noviasari, Muhammad Aulia Ikram

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Kota Pekanbaru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor sosial dan faktor pribadi terhadap keputusan pembelian kamera DSLR CANON di Kota Pekanbaru baik itu secara parsial maupun simultan dan untuk mengidentifikasi faktor yang paling besar mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam membeli kamera DSLR CANON di Kota Pekanbaru. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh konsumen yang memiliki dan menggunakan kamera DSLR CANON di Kota Pekanbaru. Sampel diambil berdasarkan metode purposive sampling. Metode analisa data yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif yakni analisis dengan uji simultan dan uji parsial(analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS Windows versi 16).Dari hasil perhitungan yang menggunakan regresi linear berganda dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan positif antara variabel bebas (X1 = Faktor Sosial dan X2= Faktor Pribadi) terhadap variabel terikat (Y= Keputusan Pembelian). Persamaan regresi Y = 3.850 + 0.465 X1 + 0.233 X2 + e. Nilai koefisien korelasi (R2) sebesar 0,470. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap Y adalah sebesar 47% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Selanjutnya untuk uji-F diperoleh hasil perhitungan nilai fhitung>ftabel yaitu 46,514>3,08. Ini berarti variabel bebas (X1 dan X2) secara serempak berpengaruh signifikan positif terhadap variabel terikat (Y). Sedangkan variabel bebas yang paling dominan dalam mempengaruhi variabel terikat yaitu variabel X1 (Faktor Sosial) dengan hasil thitung > ttabel yaitu sebesar 4,192>1,98. Rekomendasi yang dapat penulis ajukan adalah peminat akan dunia fotografi di zaman sekarang ini sangat banyak, baik itu komersil ataupun penghobi.. Sebaiknya juga sebelum melakukan pembelian terlebih dahulu mencari informasi tentang kamera DSLR tersebut agar bisa disesuaikan dengan selera dan harga yang di inginkan responden.

Kata kunci: Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.